TDW University

TURUN NAIK

>> Friday, July 17, 2009

Turun naiknya keimanan manusia pasti adanya. Karena manusia dibekali masing-masing oleh sifat baik dan buruk. Tinggal bagaimana kita mengelolanya. Seseorang yang beriman kalau dia tidak mempertahankan keimanannya pasti suatu saat akan mengalami penurunan juga. Apalagi bagi yang masih terseok-seok dalam menggapai derajat "beriman", pastilah merasa kesusahan untuk mengelola keimanannya.

Oleh karenanya dibutuhkan ilmu untuk terus mempertahankan, menambah dan atau meningkatkan keimanan kita. Karena orang beriman itu pastilah memiliki ilmu. Hanya ibadah yang dilakukan karena berdasarkan ilmu, yang akan diterima dan dinilai sebagai amal oleh Allah Swt. Jadi kita kudu terus menambah ilmu, dan mengamalkannya. Lagi-lagi bicara memang mudah (he..he..) tapi sulit untuk melakukannya. Karena sering kita mendapatkan ilmu namun belum sempat di praktekan dan diamalkan, sudah keburu hilang entah kemana tanpa berbekas.

Seorang ustazah pernah menganalogikan dengan kepemilikan hewan ternak yang kita sayangi. Agar hewan ternak kita tidak hilang begitu saja maka kita perlu mengikatnya. Begitu juga dengan ilmu yang kita miliki, agar ilmu yang baru kita dapatkan tidak lekas hilang maka diperlu kan upaya untuk menuliskannya.

Kata ustazah lagi, semua orang adalah dai, paling tidak dia mendakwahi dirinya sendiri agar menjadi manusia yang lebih beriman. Itu sebabnya seorang dai haruslah memiliki ilmu yang berguna untuk melakukan dakwahnya. Kalau membutuhkan materi-materi untuk bahan dakwah bisa dilihat disini. Mudah-mudahan bisa membantu. Terutama bagi aku sendiri.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Tempat aku berbagi cerita, pengalaman. Serta belajar dari teman-teman yang hebat

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP