TDW University

MY FIRST ONLINE EXPERIENCE

>> Wednesday, July 22, 2009

Pengalaman pertama mengenal dunia internet... tahun 1999, saat masih kuliah. Bingung pastinya. Teman-teman sudah pada melek internet, browsing, chatting, email. Sementara aku masih cuma sebatas baru sering mendengar, tapi belum pernah sekalipun lihat binatangnya seperti apa. "Malu" karena terasa seperti orang goa yang baru keluar. Mulailah diam-diam mengorek-ngorek info sedikit demi sedikit kepada seorang teman cowok yang kebetulan dekat dan sering ngobrol bareng. Dari situ semakin besar keingintahuan ku, tapi belum tahu cara memecahkannya. Kebetulan saat itu untuk ke warnet saja aku belum mampu membayar biayanya, karena "cukup" lumayan buatku yang masih belum bekerja.

Hari berlalu berganti minggu hingga bulan. Sempat lupa tentang dunia internet. Satu hari secara tidak sengaja membaca pengumuman di mading kampus, bahwa di laboratorium komputer (labkom) ada penawaran keanggotaan baru labkom tersebut dengan harga Rp. 125.000,- untuk jangka waktu tiga bulan dan diperbolehkan menggunakan komputer dengan akses intrnet kapan saja. Langsung sumringah wajahku saat itu karena senangnya. Walau masih terpikir juga dari mana dapat uang sebanyak itu. Esok harinya dengan terpaksa menghadap ibu, dengan menerangkan terlebih dahulu apa itu internet dan kegunaanya kelak bagi aku. Agar ibu bersedia untuk memberikan tambahan uang untuk mendaftar sebagai anggota labkom. Setelah uang didapatkan, secepat mungkin aku mendaftarkan diri di labkom.

Walau dengan keanggotaan yang sudah di tangan, tetap saja bingung dan malu untuk mempergunakan fasilitas yang telah tersedia. Jika hendak masuk ke labkom saja, harus "diam-diam", maksudnya jangan sampai terlihat oleh teman yang lain. Begitulah nasib orang gaptek (= gagap teknologi) seperti diriku. Walaupun sudah berada didepan komputer yang ada di labkom, aku malah bengong, sementara tangan hanya ditaruh diatas papan keyboard. Dengan niatan mengetik sesuatu tapi tidak juga menekan tombol apapun, karena tidak mengetahui apa yang harus pertama kali dilakukan. Sebagai gantinya malah celingukan melihat orang lain yang sudah pada mahir dalam browsing dan ber-chatting ria menggunakan mIRC (terpopuler sebagai sarana chatting). Walhasil tidak mendapatkan apa-apa. He...he.. kalau ingat kejadian itu bisa cengar-cengir sendirian, seperti saat menuangkan dalam tulisan ini.

Duh gawat kalau begini terus kapan aku bisa internetan, tapi kalau minta diajari teman wah nanti dulu deh. Bingung juga saat memutuskan untuk minta tolong teman atau tidak, karena itu berarti harus mengecilkan gengsi terlebih dahulu. Dengan perasaan malu, dan sedikit gengsi akhirnya diputuskanlah kalau aku perlu bantuan seorang teman. Minggu berikutnya aku sudah mulai belajar dengan bantuan seorang teman. Dengan hanya beberapa kali pertemuan di labkom dengannya tetap belum menghasilkan apa-apa. Tapi paling tidak sudah mengetahui harus memulai dari mana bila menggunakan fasilitas internet.

Saat di pandu oleh teman, aku meminta untuk dicontohkan membuat alamat email. Sayang saat itu gagal untuk membuatnya, sebab Yahoo.com sering sekali terputus koneksinya. Lagi-lagi aku masih belum mendapatkan apa yang aku inginkan. Batas waktu keanggotaan sudah habis namun belum juga memiliki alamat email satu pun, apalagi bisa berchatting serta browsing dengan leluasa. Untungnya ibuku yang baik tidak menanyakan hasil dari mendaftar menjadi anggota di labkom, jadi masih aman.

Kebetulan salah satu dosen memberikan tugas menganalisa dan harus dibuat makalah secara berkelompok yang bahannya harus di download dari salah satu website yang di berikan alamatnya. Mendapat kesempatan untuk menjelajah dalam arti sebenarnya dalam tugas kali ini, tidak ku sia-siakan. Beberapa hari datang lebih awal sebelum mengerjakan tugas secara berkelompok, untuk mampir ke labkom ataupun warnet yang kebetulan baru di buka dan sedang promosi dengan harga "murah", yang letaknya bersebelahan di kampus. Alih-alih mencoba membuka alamat website yang diberikan sang dosen, aku juga terus menjelajah dengan metode trial and error berkali-kali. Perasaan senang, bangga, norak menghampiri dikarenakan telah berhasil membuat account untuk pertama kalinya di yahoo.com.

Bila dipikir sekarang, ada hikmah yang bisa diambil dari kejadian tersebut yakni berupa ujian kesabaran dalam mendapatkan ilmu. Dan yang terpenting mau terus berusaha dan tidak berputus asa di tengah jalan bila belum berhasil. Karena kesuksesan itu berada di balik kegagalan-kegagalan yang pernah kita lalui.


1 comments:

Adsense Business Problems July 23, 2009 9:01 AM  

menarik inspirasinya seep makasih informasinya

Post a Comment

About This Blog

Tempat aku berbagi cerita, pengalaman. Serta belajar dari teman-teman yang hebat

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP