TDW University

BISA atau TIDAK BISA V.S MAU atau TIDAK MAU

>> Wednesday, July 29, 2009

Segala sesuatu pada dasarnya bisa dipelajari. Tinggal kita sebagai manusia yang memutuskan, akan melakukan tindakan yang seperti apa. Contoh sederhanya: mengendarai sepeda/motor/mobil. Kita yang belum bisa bahkan belum pernah sama sekali mencoba mengendarai sendiri alat transportasi itu, maka bisa memutuskan apakah kita ingin mempunyai kemampuan untuk mengendarai atau tidak. Bila langkah pertama telah kita putuskan dengan menjawab "Ya", maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencoba belajar mengendarainya langsung.

Disini akan dapat terlihat tipe seperti apakah seseorang itu. Apakah dia tipe seorang pembelajar atau bukan. Ada yang kemudian menjadi maju mundur untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Dimana dia mungkin pernah mendapatkan masukan atau mendengar dari orang lain tentang pengalaman yang tidak menyenangkan dan menakutkan saat belajar mengendarai sepeda/motor/mobil. Misalnya akan kecebur di got, akan menabrak, akan celaka, dan sebagainya. Apabila yang tertanam kuat dalam pikiran bawah sadarnya adalah rasa ketakutan-ketakutan tadi, maka bisa dipastikan orang yang tadinya ingin belajar malah berbalik arah dan tidak jadi belajar. Dia akan mulai berdalih dan mengatakan bahwa dia "tidak bisa". Padahal belum pernah mencobanya. Atau pernah mencoba tapi pernah mengalami salah satu yang ditakutkan, sehingga menjadi trauma untuk melanjutkan pelajarannya.

Sering kita terkecoh dengan pemilihan kata yang mewakili perasaan kita. Dalam hal belajar, bisa atau tidak bisa menjadi pilihan kata pertama saat kita mengalami kebuntuan. Hanya untuk mempermudah dan mempersingkat jawaban. Bila kita tengok kedalam lubuk hati yang terdalam maka akan dapat ditemukan alasan sebenarnya. Yaitu sebuah rasa keengganan yang merayapi dan menggerogoti keinginan kita (= malas). Jika ditelusuri lagi, malas bisa di musnahkan dengan niat dan segera melakukan tindakan (action). Namun masalah yang kemudian muncul dalam melakukan tindakan tadi adalah mau atau tidak mau melakukan action tersebut.

Apakah kita pada akhirnya akan melakukan tindakan jawabannya adalah mau atau tidak mau. Mengapa? Karena semua orang pasti bisa belajar, tapi apakah semua orang mau belajar ataukah tidak mau belajar. So bagaimana dengan kita, mana jawaban yang akan dipilih. Kita sendiri yang menentukan.




0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Tempat aku berbagi cerita, pengalaman. Serta belajar dari teman-teman yang hebat

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP