TDW University

LALU LINTAS JAKARTA

>> Wednesday, July 15, 2009


Menggunakan jalan raya di seluruh Jakarta memang harus memiliki nyali yang besar, karena bila tidak, salah-salah bisa celaka sendiri. Bagaimana tidak saat ini semua pengguna jalan raya sudah sangat tidak mematuhi peraturan lalu lintas dan bisa menyebabkan kecelakaan dan membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

Pengendara mobil, pengendara motor, pejalan kaki adalah para pengguna jalan raya. Bila diperhatikan di setiap pemberhentian lampu lalu lintas (pada saat lampu berwarna merah) bisa dipastikan ada pengedara motor atau mobil yang menerobos garis batas berhenti. Bahkan berhentinya sudah kelewatan, yaitu 2 meter di depan garis batas, yang pada akhirnya kendaraan-kendaraan itu berhenti menutupi area zebra cross. Ini tentunya akan mendzolimi para pejalan kaki yang ingin menyebrang dan melewati area zebra cross tersebut, karena mereka akan kesulitan lewat karena jalannya tertutupi oleh motor yang berhenti. Padahal fungsi dari zebra cross itu sendiri adalah sarana bagi pejalan kaki agar dapat menyebrang jalan dengan aman dan selamat. Namun hal ini pastinya tidak dapat dirasakan oleh pejalan kaki di Jakarta.

Selain pelanggaran diatas, pengendara motor juga paling sering melanggar peraturan. Diantaranya banyak yang tidak menggunakan helm sebagai alat keselamatan bagi dirinya. Mereka bahkan berdalih tidak ada polisi yang berjaga. Padahal helm digunakan bukan karena takut terkena razia oleh polisi, melainkan untuk melindungi kepala miliknya sendiri. Sering juga terlihat pengendara motor maupun pengendara mobil menelpon/terima telpon atau ber sms-an ria dengan hp. Belum lagi rambu-rambu jalanan yang sering diterobos, lampu lalu lintas (merah, kuning, hijau) tidak diindahkan lagi. Pengendara motor yang berusaha taat malah ditabrak dengan sengaja dari belakang oleh pengendara motor lainnya. tanpa mempedulikan kesalamatan pengguna jalan yang lain. Kebut-kebutan pun menjadi hal yang jamak dan lumrah untuk dilakukan. Kebut-kebutan serta ugal-ugalan merupakan konsumsi dari pengendara angkutan umum, dengan alasan mengejar setoran.

Para pejalan kaki adalah pengguna jalan yang paling sering mengalami kerugian, karena tidak ada tempat yang aman bagi mereka untuk melintas di jalan. Karena fasilitas umum yang disediakan untuk mereka yaitu trotoar yang ada disetiap pinggiran jalan sering digunakan untuk melintas para pengendara motor yang tidak sabaran untuk mengantri bila jalanan mengalami kemacetan, tempat parkir motor liar, tempat mangkal motor tukang ojek serta sebagai tempat mangkal untuk pedagang kaki lima. Belum lagi bila melintas di trotoar sering pejalan kaki harus mengalah oleh pengendara motor yang juga ingin melintas di trotoar yang sama.

Memang sulit menjadi pengguna jalan yang taat di Jakarta. Karena bila tidak hati-hati malah jadi celaka sendiri. Tapi sikap yang taat dan patuh dalam berlalu lintas haruslah terus dijaga, agar selamat sampai tujuan. Oleh karenanya perlu trik tersendiri agar aman dan nyaman berlalu lintas, antara lain:
  1. Persiapkan surat-surat kendaraan (SIM dan STNK)
  2. Menggunakan kelengkapan berkendara (helm full face, jaket, sarung tangan) bagi pengendara mobil gunakan seat belt
  3. Cek kelaikan kendaraan (periksa bensin, rem dan mesin apakah layak dipakai)
  4. Taati rambu-rambu lalu lintas yang ada
  5. Hormati dan sayangi pengguna jalan raya yang lainnya
  6. Melaju di jalan dengan batas kecepatan yang aman
  7. Saling bersabar dan mengalah agar tidak memperparah kemacetan
  8. Berdo'a sebelum pergi menggunakan kendaraan
  9. Berhati-hati dan selalu waspada dijalanan

Mari bersama-sama kita belajar untuk tertib berlalu lintas, agar dapat menghindari kecelakaan dan selamat hingga sampai tujuan. Ingat keluarga telah menunggu kita dirumah. Jangan buat mereka bersedih karena harus kehilangan Anda. Karena bila ada sebuah kecelakaan bukan hanya Anda yang merasakan kesakitan dan kesusahan tapi juga keluarga serta orang lain yang terlibat dalam kecelakaan itu. Itu menjadi pertanda bahwa kelalaian yang menimbulkan kecelakaan sangatlah merugikan orang banyak, tak terkecuali diri kita sendiri dan orang-orang yang kita kasihi. Yuk kita bersama-sama budayakan tertib berlalu lintas di jalan raya.












0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Tempat aku berbagi cerita, pengalaman. Serta belajar dari teman-teman yang hebat

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP