TDW University

Jangan di Baca

>> Tuesday, December 4, 2007

Jangan di baca tulisan ini kalau memang tidak tinggal di Jakarta. Karena ini khusus untuk orang-orang yang tinggal di Jakarta.

Baru saja Jakarta di guyur hujan yang cukup lebat setelah hampir satu bulan tidak datang hujan walaupun sudah berada di musim hujan. Hujan tadi malam sejak pukul 22.20, deras sekali. Daerah tempat tinggalku bisa dipastikan akan banjir, bila selama 1 jam hujan turun dengan derasnya tanpa berhenti. Bagi para tetangga yang kebetulan memiliki rumah yang posisinya lebih rendah dari jalanan pasti kebagian jatah air dari langit ini. Seperti tadi malam, mereka bahkan ada yang tidak tidur hingga pukul 2 dini hari untuk membersihkan rumah mereka yang habis kebanjiran.

Ya.. begitulah langganan setiap tahunnya. Di hampir seluruh wilayah Jakarta bisa tergenang oleh air hujan. Banjir di Jakarta sedikit banyak dipengaruhi oleh sampah yang menggunung. Yang di sebabkan oleh buruknya perilaku manusianya. Mereka dengan tidak ada rasa bersalah membuang sampah sembarangan, baik di jalan, tempat umum, got, kali, sungai, laut. Sehingga bisa membuat saluran air tersumbat. Dan yang tekena imbas perilaku jorok mereka, bukan hanya mereka sendiri, tapi semua orang bisa terkena kebanjiran. Seolah tidak ada kapoknya kebajiran, masih saja tidak ada kesadaran dari mereka untuk mengubah kebiasaannya.

Teringat acara televisi - "Sisi Lain" - yang di tayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta. Di dalam acara tersebut diperlihatkan bagaimana perjuangan seorang ibu yang mengajak ibu-ibu lain didaerahnya untuk mengolah sampah-sampah dapur mereka untuk kemudian diproses dan dimanfaatkan menjadi kompos. Prosesnya yang dibutuhkan untuk mengubah sampah-sampah itu hingga menjadi kompos dibutuhkan waktu selama 6 minggu. Selain mereka ikut menjaga kebersihan daerahnya, juga mereka bisa membantu dapur ikut ngebul, dengan menjual kompos-kompos hasil olahan sederhana tangan mereka sendiri.

Acungan jempol untuk mereka.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Tempat aku berbagi cerita, pengalaman. Serta belajar dari teman-teman yang hebat

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP