TDW University

TIDAK TAHU MALU

>> Tuesday, June 30, 2009

"Malaysia Klaim Tenun Ikat Sambas" judul dari salah satu kolom yang ada di koran Indopos, Selasa 30 Juni 2009. Sedih rasanya mendengar kalau apa yang seharusnya menjadi hak kita bangsa Indonesia, namun di klaim menjadi milik bangsa lain. Juga menjadi sedih bila yang mengklaim tersebut ternyata negara tetangga terdekat kita.

Sudah sekian kalinya negara tetangga itu mengklaim karya anak bangsa ini. Dan itu juga tidak membuat pemerintah menjadi sadar untuk melindungi karya-karya atau budaya-budaya negeri sendiri.

Dan untuk negara tetangga, kenapa begitu tidak tahu malunya mereka, merasa memiliki suatu budaya atau karya, yang jelas-jelas itu bukan miliknya. Begitukah adab bertetangga yang baik? seharusnya tetangga adalah orang terdekat layaknya saudara sendiri. Yang harus di bela dan mendapatkan perlindungan dari kita.

Semoga para pemimpin di negara tersebut memiliki rasa malu dan mulai memperbaiki diri. Paling tidak mau mengakui kalau itu bukan miliknya dan meminta maaf kepada Indonesia. Dan dengan bebesar hati mau mengakui bahwa Indonesia memiliki ragam budaya yang lebih banyak dan lebih baik dari mereka. Dan memiliki itikad baik untuk hidup berdampingan sebagai tetangga yang baik yang saling menghargai satu sama lain.


0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Tempat aku berbagi cerita, pengalaman. Serta belajar dari teman-teman yang hebat

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP